Sunday, May 16, 2010

cara asik main sama kamera


1. Selalu Bawa Kamera
Alasan utama kenapa lo ngelewatin momen yang bagus buat difoto adalah karena ga bawa kamera. Jadiin suatu kebiasaan selalu bawa kamera kemanapun lo pergi karena lo gak akan tahu momen-momen atau pemandangan-pemandangan apa yang bakal lo temui nanti. Beli tas atau tempat untuk kamera lo karena itu bisa memudahkan lo membawa kamera, selain itu juga bisa ngelindungin kamera dari hal-hal yang ga diinginkan kayak goresan atau benturan benda lain. Tas atau tempat kamera yang memiliki busa dan memiliki lapisan luar yang cukup keras adalah pilihan yang cerdas untuk hal ini.

2.Foto Lebih Banyak Lagi
Jika lo berfikir kalo lo udah cukup banyak mengambil foto, tidak demikian adanya, terutama kalo lo punya kamera digital. Hasil foto kamera digital disimpan dalam format digital (berkas), jadi ga ada ruginya kalo lo mengambil foto lebih banyak. Walaupun emang foto itu bakal ngabisin space pada kartu memori lo, namun nantinya lo mudah juga menghapusnya jika lo ga puas dengan hasil foto tersebut. Yang pasti ga usah ragu, karena mungkin tempat di mana lo mengambil foto ga akan lo kunjungi lagi. Foto sebebas-bebasnya, karena pemandangan/adegan sehari-hari yang membosankan bisa aja menjadi bersejarah beberapa tahun kemudian.

3.Percaya pada Mata
Mempelajari aturan-aturan composition adalah hal yang baik, namun aturan-aturan tersebut kadangkala ga berlaku dan ada kalanya lo harus mempercayai mata. Ketika kita akan memfoto sebuah objek, gerakkan atau pindahkan kamera dan jelajahi pemandangan sekitarnya.Ketika lo nemuin sudut potret yang menurut lo bagus, fotolah segera.

3.Latih Mata
Lihat dan perhatiin dengan seksama foto yang lo ambil. Coba untuk nemuin kekurangan-kekurangan dan kritik hasil foto itu. Apakah foto itu sesuai dengan apa yang lo inginkan pada saat foto?

4. Kenali Kamera
Ga perlu menghafal setiap fitur pada kamera sesegera mungkin. Lo lebih mudah mengingat fitur-fitur dengan perlahan dan mencobanya satu-persatu. Analoginya seperti saat kita belajar mengutak-atik puzzle. Jadiin kemampuan mengutak-atik fitur kamera menjadi kebiasaan Lo. Dengan demikian lo bakal tahu dengan baik fitur-fitur apa yang mesti dipakai pada saat memfoto suatu objek atau pemandangan.

5. Retouch

Bagi gue ini bagian yang lumayan penting. Karena pas lo gak pede sama hasil gambar lo, lo bisa edit sepuas mungkin sesuka-sesuka lo. banyak software yang nyedian fitur-fitur edit.

Ok segitu aja

don't think just shoot and hold your camera whenever you go.



0 comments:

Post a Comment